Batu Satam/Batu Meteor

Pasti Antik! Pasti Langka!

  • Antik


    by Iwan Setiawan



    iwan.aztech@gmail.com

Si Hitam, Batu Satam. Armagedon Baru (Indosiar.com)

Posted by batuantik pada 16 November 2008

Batu Satam Antik

Batu Satam Antik

***

Indosiar.com Nah, hasil tabrakan meteor dengan bumi itu, rupanya menjadi serpihan-serpihan yang berkilauan bagaikan batu kaca, yang menyebar ke segala penjuru permukaan bumi seperti di Indonesia di Pulau Belitung, didekat Solo dan negara-negara lain seperti Australia, Cekoslavia, dan Arab. Salah satu batu berkilauan itu dikenal dengan nama Batu Satam, yang hanya dapat ditemui di Pulau Belitung. Batu langka berwarna hitam dengan urat-uratnya yang khas, menjadi daya tarik tersendiri jika kita berkunjung ke pulau penghasil timah itu.

Batu satam ini mungkin hanya satu-satunya yang ada didunia. Di Pulau Belitung sendiri, tidak mudah untuk mendapatkan batu satam, apalagi untuk dijadikan kerajinan. Biasanya para perajin mendapatkan batu satam dari para penambang timah darat, yang menemukan satam ini secara kebetulan dari perut bumi dengan kedalaman 50 meter.

Mereka pun menemukannya secara tak sengaja, terbawa oleh pipa pompa penghisap air yang diarahkan ke sakan yaitu tempat untuk memisahkan pasir dan timah.

Istilah satam diambil dari bahasa warga keturunan Cina yang berada di Pulau Belitung.
SA yang artinya pasir, sedangkan TAM artinya empedu. Jadi satam berarti empedu pasir.
Sementara warga pribumi Belitung sendiri mengartikan satam adalah Batu hitam.

Namun berdasarkan keterangan dari buku De Ontwikkling Van Het Eiland Billiton-Maatschappij karangan Door J.C. Mollema yang diterbitkan S. Gravenhage, Martinus Nijhoff 1992, menuliskan seorang berkebangsaan Belanda yang bernama Ir. N Wing Easton dari Akademi Amesterdam di Belanda menamakan bebatuan meteor ini dengan istilah Billitonite yang artinya batu dari Pulau Belitung.

Di kalangan masyarakat Belitung sendiri, batu satam ini dipercaya mempunyai kekuatan magis sebagai penangkal penolak racun dan unsur makhluk-gaib. Namun bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Timah ini, selalu menyempatkan diri membeli batu satam ini sebagai cendramata khas Pulau Belitung, yang dijadikan kalung, giwang, bros, cincin, tasbih, tongkat komando dan sebagainya, yang dikenal dengan istilah Kerajinan Satam.

Salah seorang perajinan batu satam itu adalah Firman Zulkarnain, yang biasa dipanggil Firman Satam. Pria kelahiran Pulau Belitung yang tinggal di Desa Pangkalalang Tanjungpandan ini, telah menekuni usaha kerajinan batu satam selama 19 tahun.

Bahkan dengan kerajinan batu satamnya, Firman berhasil membawa nama Pulau Belitung ke ajang pameran-pamera nasional maupun internasional. Berbagai penghargaan juga telah diterimanya. Salah satunya adalah Asean Development Citra Award 2007-2008, yang dianugerahi oleh Asean programme Consultant Indonesia Consortium.

Meski tanpa dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung, Firman tetap mempromosikan souvenir khas dari kelahirannya itu, seperti di Jakarta Fair 2008. Menurut Firman, para pengunjung sangat antusias untuk membeli ataupun sekedar melihat-lihat kerajinan satam yang dijual mulai dari harga 100 ribu sampai satu juta rupiah (harga promo tersebut hanya saat pameran).

Sayangnya, oleh orang-orang tak bertanggung jawab, banyak banyak dijual batu satam yang palsu, demi mendapatkan keuntungan semata. Untuk mengetahui satam yang asli, letakkan telapak tangan Anda diatas satam, jika terasa ada medan energi, itulah Satam yang asli.(Arizal Wahyudi/Ijs)

http://www.indosiar.com/news/sapa/74199/armageddon-di-pulau-belitung

24 Tanggapan to “Si Hitam, Batu Satam. Armagedon Baru (Indosiar.com)”

  1. mamas86 said

    Gitu ya…❓ Jadi penasaran….

  2. economatic said

    Mahal banget yach… Padahal batunya paling nggak besar besar amat. Tapi memang dasar saya nggak minat sama batu …

  3. Dedy said

    ya.. iya lahh namanya juga barang langka. Ya mahal. Itu aja masih murah, biasanya sekelas batu meteor gitu dijual puluhan juta. Apalagi kalau gw liat carinya juga susah setengah mati. Wajar kan …? Tapi kl gw blm punya dwt untuk beli gituan. Buat byr SPP aja dah empot-empotan. he..he…

  4. ijal said

    nih gue ada satu udah dijadikan batu cincin.

  5. Bopo said

    wahhh isinya menarik🙂

  6. agung said

    gue…dah beli batunya sama pak firman langsung d belitung,
    batunya aneh….ada medan energi yg d keluarkannya….seperti angin gt….

  7. irfan said

    BATU SATAM tidak terlalu mahal,harganya sekitar 175rb,anda minat hub.087878002004,beli/nggak,gak masalah.irfansyah(asisten pak firman zulkarnaen)kami jual antiknya,bukan jual khasiat.wass

  8. ini saya mau nanya.. harganya berapaan? dan benarkah batu satam tidak bisa di asah maupun dilobangi? apa sebabnya,apakah mesinnya kagak sangup atau batunya bisa pecah?(mohon komfirmasinya)

  9. putra said

    menarik…bt rencana pergi k tanjungpandan khusus beli batu satam…

  10. dinda said

    byasa aja tuh….

  11. dinda said

    batunya….

  12. Hendro 147 said

    Waktu kecil saya sdh tau batu ini.. tp baru 28 thn kemudian kebeli. 3x melihat2 stand Pak Firman di pameran PRJ 2006, 2007, & 2008..barulah kebeli krn menurut saya cukup mahal waktu itu.. Tp pas PRJ 2008 saya lihat lagi..ada daya tarik yg kuat utk melihat2 batu satam lagi. Dari sekian bnyk batu yg dipajang..mata saya tertuju pada mangkuk berisi 30an batu kecil2. Wah..ada yg ukuran kecil2 juga nih..pikir saya. Ada keanehan menjalar di bathin saya ketika menggenggam salahsatu batu kecil yg bentuknya paling biasa dan gak kelihatan spt batu satam.(sdh 20-an batu besar-kecil saya pegang2, yg ini spt memegang es batu. dingin, mendesir, dan spt bermagnet. setiap saya kembalikan ke mangkuk dan saya ambil secara acak tanpa melihat, yg tergenggam selalu yg itu..aneh) akhirnya batu “kerikil hitam” itu saya beli seharga 50rb. Sampai rumah saya iseng membakar, merebus, dan memasukkan ke oven, menguji apakah batu ini plastik, glass, atau apalah. Untungnya Batu itu tdk meleleh dan tidak membara..hehe. Batu itu masih saya simpan sbg cinderamata P. Belitung dan masih memancarkan hawa desiran dingin.. Hebat. Tapi Kekuasaan Allah lebih saya kagumi.. Krn Kuasa-NYA batu2 itu diturunkan sbg ilmu pengetahuan dan juga sumber penghasilan bagi yg menemukannya dan mengolahnya menjadi Cinderamata. Salut utk usaha Pak Firman🙂

  13. As’salammualaikum Bapak Firman, terlebih dahulu saya ingin mendoakan semoga bpk berada dalam keadaan sihat walafiat InsyaAllah,
    Untuk makluman bpk saya dari Johor Bahru Malaysia, dan saya pernah bertemu bapak di Sumatera Expo SUMEX pada tahun 2007 ketika itu bpk ada ambil bahagian dalam gedung SPC, dan saya tertarik batu-batu yang bpk pamerkan itu, saya juga ada membelinya beberapa ketul batu satam buat saya dan isteri saya, tetapi setelah saya canai batu tersebut mungkin tukang canai kurang mahir untuk mencanai batu yang mengerutu belum di kasi kilat maka terlucut batu itu dari cincin saya hilang, dan pada bulan lepas November 2009 saya mencari bpk di SUMEX tidak kelihatan, dan pada bulan December 2009 pihak SPC ada buat Expo Di Johor Malaysia saya cuba cari bpk di sana tidak ada juga saya mahu lagi batu tersebut, sebenarnya orang-orang di sini pun suka juga perhiyasan seperti itu, kalau bapak berhajat mahu buat pameran di Johor bpk boleh rujuk dengan pihak SPC di gedung SPC mereka sering buat expo di Malaysia dan di sini saya akan bantu InsyaAllah, sekian terima kasih harap Maaf kalau ada kata-kata saya yang kurang jelas sekali lagi saya pohon maaf As’kum

  14. Salam, kepada anda yang berminat untuk melihat dan mendapatkan barangan dari batu meteor..sila layari website kami http://www.meteorgallery.com atau hbgi saya di talian +60134221656

  15. Oji said

    Wah keren2 saya jgk mau kalo gt??? Tp aba beneran batu meteor???

  16. resdi said

    klo saya berminat pesan kemana ya dan berapa harganya.trmksh

  17. ki melati said

    bagaimana mendapat kan batu satam yang asli??
    gimana mengetahui nya ????

  18. irfansyah said

    agen batu satam.JUAL batu satam besertifikat,ujilab,bergaransi,khasiat alami hrg mulai 300rb datang langsung/bisa dikirim hub.081949201182,085357464642,085764000198 setiap pembeli diberikan copyan sertifikat keaslian dan ujilabnya bahwa batu satam kandungannya meteor

  19. noviandi said

    penjual satam belitung …
    satam di jamin asli..
    banyak pilihan…
    hub : 085669573335(sms only)

  20. muslimin said

    ni aq muslimin .aku pnya satam yang masih mentah di jamin asli aq dpt dr tmen q dri bangka belitung …..yang minat slahkan hub.saya di no.ini 085655214280..q tnggl d lamongan

  21. water park said

    The Fray’s performance of The National Anthem last night.
    If you are using the wine in cases or even auction a wine produced especially for
    the guests is recognised as the perfect gesture to thank people
    for attending.

  22. t shirt said

    They provide almost limitless choice, as their liaison with
    every type and sort of hotel allows a traveler to compare prices and facilities
    at different hotels. Ports of call that are not conducive to sailing as they are hurricane and typhoon season.

  23. Satam apa sartam tukang bubur ayam.

  24. Wahhh rame nya,,,wett ada pak irfansyah lagi apa pak hehe jual terus nih…hehe ijin masuk pak irfansyah..
    Pin Bb : 24C79688 Sms/whats app 081218101985 ( Ebony Purba Tongkat Komando PDH PDL ) dan Aneka batu satam bangka belitung bentuk antik unik,huruf dan lapadz allah & muhammad,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: